Friday, June 8, 2018

Resep Sayur Asem

Sayur asem, adalah salah satu menu yang wajib ada di keluarga kami. Karena Alfi tidak suka sayur yang kuahnya berwarna, seperti soto atau sayur yang bersantan. Biar ga bosan sayur asem melulu, biasanya kami masak sayur sop makaroni, sayur menir (pakai daun kemangi) dan kembali lagi sayur asem, begitu setiap hari. 

Tak jarang, emak harus masak 2 macam sayur karena yang lain pingin makan sayur yang bersantan. Untungnya, sayur asem di keluarga kami bikinnya sangat mudah, dan bahannya juga murah. Jadi ga perlu ribet masaknya. 


Ini resep sayur asem di keluarga kami:

Bahan :
  1. Daun ubi jalar/bayam, ambil daun dan batangnya yang muda
  2. Wortel, potong tipis
  3. Kacang panjang, potong +/- 3cm
  4. Tauge besar (yang dari kedelai)
  5. Labu siam, potong panjang atau tipis sesuai selera
  6. Seledri 
  7. 6 gelas air


Bumbu:
  1. 3 siung bawang merah, iris tipis-tipis
  2. 1 siung bawang putih, iris tipis-tipis
  3. asam jawa secukupnya/ bisa diganti tomat
  4. lengkuas digeprek
  5. garam secukupnya
  6. gula secukupnya


Cara memasak:
  1. Cuci semua bahan
  2. Panaskan air sampai mendidih, kemudian masukkan wortel, labu siam, tauge, kacang panjang bersamaan.
  3. Tunggu sampai empuk, kemudian masukkan semua bumbu
  4. Masukkan sayur dan seledri
  5. Setelah sayur masuk, tunggu sampai mendidih, lalu matikan kompor
  6. Sayur asem siap di sajikan bersama dengan bothok tempe pedas.


Itu dia resep sayur asem di keluarga kami. Mudah dan pastinya murah, apalagi kalau bahannya beli di tukang sayur yang seplastik sudah komplit bahan-bahannya itu. Jauh lebih hemat daripada kita belinya satu-satu.  

5 comments:

  1. Seger banget buat menu buka nih.

    ReplyDelete
  2. Wah dapat resep sayur asam buat menu buka nanti.

    ReplyDelete
  3. resepnya beda dengan sayur asem dirumah saya, kalau saya biasa pakai daun melinjo, pepaya muda, nangka muda, melinjo, kacang panjang, jagung, dsb tinggal mesen ke tukang sayur paket sayur asem, heee... tapi ini kayanya perlu dicoba juga, sayur asem resep baru..seger liatnya ^_^

    ReplyDelete
  4. Kalau aku pake terasi mba, jadi bawang merah dan putih, terasi setengah, salam, ama cabe. Udah dah tu diulek, jadi deh sayur asem

    ReplyDelete
  5. Ini sayur asam yang bening, ya? Kalau saya biasanya dikasih cabe merah dna lain-lain. Tinggal tambahkan sambal terasi. Bisa bikin saya makan melulu :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...