Thursday, February 7, 2019

[Tips] Agar Kacang Hijau Cepat Empuk Tanpa Boros Gas

Bubur kacang hijau, adalah salah satu makanan favorit saya selama menyusui. Hanya saja, saya sering malas bikin sendiri karena lama merebus kacang hijaunya. Biasanya saya lebih sering beli di warung bubur madura atau tukang sayur langganan. 


Bagaimana rasanya? Kalau di bubur madura agak lumayan enak, harganya 4000an sudah ada ketan hitam dan irisan roti tawarnya. Kalau di tukang sayur, rasanya ya begitulah.... Maklum harganya cuma 2500an . 

Yang pasti lebih enak dan sehat bikin sendiri, tapi ya mau bagaimana? Saya ga mau repot nungguin kacang hijau empuk yang butuh waktu lama dan tentunya akan menghabiskan banyak gas. Sebenarnya ada presto tapi saya malas nyucinya.  #emakmalasdanirit. :)

Dulu, saya bikin bubur kacang hijau dengan cara merebus kacang hijau dengan sedikit air. Setelah air rebusan hampir habis, lalu tambah air dingin secukupnya. Begitu terus sampai kacang hijau empuk. 

Nah... yang jadi masalah, kadang  saya lupa menambah air dingin, sampai rebusan kacang hijau hampir gosong. Dan sebagai penyelamat sayapun buru-buru menambah air dingin dan lanjut merebus lagi. Kalau sudah begini, emang kandungan gizi dari kacang hijaunya masih ada? Entahlah.... :) 

Sampai akhirnya, saya baca status teman facebook tentang cara merebus kacang hijau dengan mudah tanpa presto dan  tanpa boros gas, yaitu dengan metode 5-30-7. Apa itu metode 5-30-7?. 

5 artinya, rebus kacang hijau selama 5 menit. Menghitungnya dari air mulai mendidih. Kemudian matikan kompor. 

30 menit diamkan rebusan bubur kacang hijau, panci dalam keadaan tertutup rapat. 

Setelah didiamkan 30 menit, nyalakan kompornya lagi. Kalau kacang hijau masih utuh-utuh tidak usah khawatir, nanti juga bisa lembek kok.


Setelah rebusan kacang hijau mendidih, masak lagi selama 7 menit. Jangan lupa tambahkan gula jawa yang sudah direbus lebih dulu dan disaring (sesuai selera). Kenapa harus direbus dan disaring dulu? Karena, kadang-kadang gula jawa ada kotoran hitam-hitamnya. 

Selain ditambah gula jawa, juga bisa  ditambah santan, daun pandan, dan jahe biar  rasa dan aromanya semakin mantab. 
Bubur kacang hijau metode 5-30-7
Ini hasilnya

Sejak tahu metode 5-30-7, agar kacang hijau cepat empuk tanpa presto dan tanpa boros gas ini, saya jadi rajin bikin bubur kacang hijau sendiri. Apalagi sedang musim hujan begini, pingin bubur kacang hijau tinggal bikin aja. Ga perlu kehujanan demi beli bubur kacang hijau madura yang jaraknya agak jauh dari rumah.  :).

1 comment:

  1. ini juga berlaku buat daging ya mba Tar, lagi tren nih metode 5-30-7 jadi pengen cobain. selama ini aku masih manfaatin slow cooker wkwkwk

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...