Thursday, May 16, 2019

Cara Memasak Ketupat Dengan Panci Presto


Ketupat adalah salah satu makanan khas saat lebaran.  Baik di kota maupun di kampung sudah pasti ada ketupat yang ditunggu-tunggu. Kalau di kota-kota sepertinya,  dihidangkan saat hari raya ya?
Sumber dari Sini

Kalau di kampung saya beda, lebaran ke 7 kami baru bikin ketupat.  Kemudian malamnya, bapak-bapak kenduri di salah satu rumah warga yang sudah ditentukan dengan membawa ketupat dan sayurnya.


Di tempat kenduri,  ketupat yang dibawa dikumpulkan.  Setelah tahlil dan do'a, makan ketupat bersama, kemudian tukar ketupat  dengan   yang lain, lalu pulang bawa ketupat lagi. 

Jadi pulang pergi bawa ketupat,  tapi yang di bawa pulang ketupatnya beda karena sudah ditukar. Mungkin terlihat aneh,  tapi begitulah tradisi di kampung kami setiap tahunnya.

Tapi tahun ini sepertinya agak ribet karena ada saudara yang nikah tepat di hari ke 7 lebaran.  Itu berarti,  emak tidak punya cukup waktu untuk masak ketupat.   Emak biasa masak ketupat pakai kayu bakar,  dan rebusnya lama. Jadi saya tidak mungkin bisa menggantikan tugas emak yang satu ini karena harus ngurus duo krucil. Kalau masak di kompor pasti boros gas dong ya?

Lalu bagaimana dengan kenduri ketupatnya? Tidak perlu khawatir,  ternyata memasak ketupat pakai panci presto bisa,  hanya dengan 60 menit saja.  Jadi ga bakalan boros gas pastinya.

Ini cara memasak ketupat memakai panci presto:

  1. Rendam ketupat yang belum diisi, kemudian tiriskan biar airnya kering. 
  2. Rendam beras +/- 1 jam,  kemudian cuci bersih dan tiriskan. 
  3. Masukkan beras ke dalam ketupat +/- 3/4 nya saja.  Kalau berasnya terlalu banyak jadinya kayak nasi,  kalau terlalu sedikit jadinya lembek. 
  4. Masukkan ketupat yang sudah diisi beras ke dalam panci presto kemudian tambahkan air sampai ketupatnya terendam semua. Tutup panci presto dengan sempurna,  lalu nyalakan kompornya. 
  5. Masak ketupat dengan api besar sampai katup uap bergerak. 
  6. Setelah katup uap bergerak selama 10 menit,  kecilkan apinya dan masak +/- 50 menit. Kemudian matikan kompor. 
  7. Tunggu sampai katup pengamannya turun,  baru buka tutup pancinya. 
  8. Angkat ketupat,  lalu tiriskan.  Ketupat siap dihidangkan dengan sayur lodeh bumbu merah atau opor ayam.


Cara memasak ketupat menggunakan panci presto ini,  kurang lebih sama dengan masak ketupat di kayu bakar ya.  Hanya saja,  waktunya yang lebih singkat sehingga tidak akan boros gas. 

Baiklah,  lebaran nanti bisa dicobain nih.  Lagian punya panci presto kok keluarnya belum tentu setahun sekali. Biasanya cuma buat masak ayam jago yang sudah ketuaan.  Kalau di masak biasa empuknya kan lama,  makanya emak keluarin jurus pamungkas yaitu si panci presto ini. :) 


Sumber: https://www.mamakukokihandal.com/detail/61/ncusd8-tips-masak-ketupat-pakai-panci-presto

No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...