Monday, May 6, 2019

Kapan Buka Puasa?

Hari ini,  hari pertama Alfi ikut berpuasa yang sesungguhnya.  Bangun pagi untuk sahur,  buka puasa tengah hari kemudian lanjut puasa sampai maghrib.  Tahun lalu sebenarnya sudah mulai latihan puasa,  tapi makan sahurnya setelah matahari terbit. :) 

Lalu, bagaimana dengan puasa hari ini?  Alhamdulillah lancar, meskipun banyak drama yang sungguh melatih kesabaran emaknya. Berawal dari makan sahur,  begitu dibangunin langsung teriak-teriak ndak jelas yang bikin adiknya ikutan bangun. 


Kemudian lanjut jam 10an,  anaknya mengeluh lapar "Buk, kapan buka puasa?". Padahal biasanya anak ini susah kalau disuruh makan siang. Akhirnya sama embah diajak main ke rumah tetangga, biar kumpul sama teman-temannya.  Sejenak dia lupa dengan laparnya,  main sepeda kesana kemari bareng teman-temannya. 

Sampai akhirnya jam 11.30 pulang dan anaknya mengeluh haus dan ngenyel minta buka puasa saat itu juga. Sampai disini saya masih kalem,  membujuk agar sabar nunggu sampai azan dhuhur.  

"Ditunggu sambil tidur aja,  ntar bangun bisa langsung buka puasa",  begitu bujuk saya sambil berusaha agar tidak ikutan ngegas-ngegas seperti dia. Untung anaknya nurut, dan tak lama setelah itu,  anaknya benar-benar tidur. Emaknya langsung lega. 

Jam 12.45 Alfi bangun,  dan langsung berbuka puasa. "Yeayy mbak Alfi hebat", kata saya sambil  tepuk tangan memujinya.  Setelah selesai berbuka,  Alfi niat puasa lagi untuk melanjutkan puasanya.  

Saya lega,  Alfi sudah mampu melewati setengah perjalanan puasanya.  Saya pikir masalah selesai,  karena sudah makan kenyang. Eh ternyata tidak. 

Sekitar satu jam kemudian,  Alfi mengeluh lapar lagi,  "Buk,  boleh buka puasa?". Ya Allah...  Asli gemes tapi tetap berusaha menyemangati dan berjanji mengajaknya ngabuburit setelah mandi sore.

Ok,  anaknya nurut lagi tapi ya cuma gegoleran dikasur,  coret-coret di papan tulis dan nonton youtube. Sampai tak terasa sudah waktunya mandi. Setelah semua sudah mandi,  kami menepati janji dengan mengajak Alfi ngabuburit. 
Kapan buka puasa
Gegoleran, main sama adek

Rencananya kami mau ke lapangan Bangunsari tapi beli sesuatu dulu ke pasar Dolopo.  "Melukis ya buk?",  pinta Alfi yang langsung kami iyakan biar anaknya senang. 

Tapi apa yang terjadi?  Begitu masuk Jalan Adil Makmur Dolopo,  kendaraan padat merayap.  Ditambah lagi banyak pengendara yang berhenti untuk membeli aneka makanan yang dijual di sepanjang Jalan Adil Makmur. 

Jalanan semakin macet ketika mendekati perempatan. Antrian panjang kendaraan saat lampu merah menambah kemacetan lalu lintas di jalan tersebut.  "Koyok neng kutho wae (seperti di kota saja)",  celetuk salah satu pengendara sepeda motor di dekat saya. 

Karena macet,  rencana kamipun tidak berjalan lancar.  Begitu keluar dari kemacetan,  jam sudah menunjukkan angka 17.20. Ya sudah, pelan-pelan kami pulang dan sampai rumah pas azan maghrib.  Alhamdulillah.....  Yang dari siang tanya "Buk,  kapan buka puasa?",  malah santai lupa dengan laparnya. 

Baiklah,  besok lagi jangan coba-coba lewat jalan itu lagi. Dan semoga besok sudah tidak ada drama seperti hari ini.  Amin.... 

1 comment:

  1. Selamat menunaikan ibadah puasa, Marhaban ya Ramadhan...

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...