Wednesday, May 8, 2019

Resep Pecel Sandwich Skippy

Punya anak yang lagi belajar puasa itu sungguh melatih kesabaran.  Bagaimana tidak?  Anak yang biasanya susah makan mendadak jadi sering lapar ketika diajak berpuasa.  Sebentar bilang lapar,  sebentar bilang haus dengan ekspresi muka seperti anak yang tidak dikasih makan 3 hari. 

Untuk menyemangati Alfi biasanya saya mengajak Alfi melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti bermain bareng teman, menggambar,  menulis kegiatan yang dia lakukan di buku diary,  dll. Selain itu,  saya juga menanyakan pingin sahur atau buka pakai lauk apa?  Mau dibikinin minuman apa?

Seperti hari ini,  saya coba menawarkan dibikinin crepes kesukaannya untuk buka puasa tengah hari dan dia mau. Kebetulan di rumah ada Skippy peanut butter dan pisang,  jadi bisa buat topping crepes ala-ala.

Tapi kenyataan tak sesuai dengan ekspektasi.  Crepes yang harusnya renyah kres-kres ternyata malah lemes mirip martabak manis. Maafkan ibukmu yang tidak bisa masak dan lebih semangat bikinin kamu bando ini ya nak....  ) 

Meskipun hasilnya tidak sesuai harapan,  Alfi tetap mau memakannya.  "Buk,  rasanya kayak sambel kacang ya?",  begitu kata Alfi.  Mendengar komentar Alfi,  saya jadi ada ide buat bikinin Alfi pecel sandwich Skippy alias opak gapit (begitu kami menyebutnya). Makanan legendaris yang dulu selalu jadi jajanan favorit saat bulan Ramadan seperti ini.

Baca :  Resep Sambel Pecel Madiun

Karena Alfi belum doyan makan sambel,  maka saya mengganti sambel pecel dengan Skippy peanut butter yang tetap terasa kacangnya tapi tidak pedas. Cara bikinnya juga sangat mudah. 

Pecel sandwich Skippy

Bahan:  

  1. Sayuran (bisa sawi,  kacang panjang atau lainnya,  sesuai selera) 
  2. Tauge
  3. Opak/krupuk gaplek lebih enak,  tapi disini harus ke pasar baru ada. Jadi saya pakai opak beras. 
  4. Skippy peanut butter

Cara membuat: 

  1. Rebus semua sayur dan tauge
  2. Ambil sayur secukupnya kemudian Campur sayur dengan Skippy peanut butter. 
  3. Taruh sayur di atas krupuk,  kemudian taruh krupuk di atas sayur. 
  4. Pecel sandwich Skippy siap dihidangkan buat si kecil yang tidak doyan pedas. 
Pecel sandwich skippy 

Akhirnya Alfi bisa merasakan makanan legendaris favorit emaknya.  Alfinya sih kurang suka karena dia memang susah kalau di suruh makan sayur. Tapi setidaknya dia tahu bagaimana  menikmati makanan dengan cara yang berbeda. Bahwa bukan hanya roti saja yang bisa dibikin sandwich dan bukan yang berkuah saja yang dinamakan sayur. Lha ini ada pecel sandwich Skippy yang bergizi dan berprotein tinggi yang bisa kita nikmati.  :) 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...