Tuesday, August 20, 2019

Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi di Hong Kong

"Gaji Hong Kong 8 juta lho say,  ga mau balik sini lagi?",  pamer seorang teman yang saat ini masih bekerja sebagai TKW (Tenaga Kerja Wanita)  di sana.

Sebagai ibu rumah tangga yang penghasilannya tak pasti  setiap bulannya, sudah pasti langsung melek lihat nominal tersebut. Apalagi Hong Kong punya sejuta pesona yang membuat hati rindu untuk menginjakkan kaki kesana.


Tapi saya selalu berharap dan berdo'a,  saya tidak akan kembali lagi ke Hong Kong sebagai TKW,  melainkan sebagai traveller. (Aminkan do'a saya ya....). 

Banyak tempat wisata unik dan menarik yang belum puas saya eksplore waktu itu karena keterbatasan waktu libur saya sebagai TKW. Maka dari itu,  kalau ada kesempatan travelling,  ini tempat wisata yang wajib di kunjungi saat ke Hong Kong:

  • Disneyland Hong Kong

Tempat wisata terbesar di Hong Kong ini berada di Lantau Island Hong Kong. Kita bisa kesana dengan naik bus maupun MTR (Kereta Bawah Tanah). Harga tiket masuknya  memang bikin kantong bolong tapi sepadan dengan apa yang bisa kita nikmati.

Disini kita bisa menikmati wahana bermain,  bertemu dan foto-foto dengan tokoh-tokoh Disney favorit kita, bisa lihat live show,  parade tokoh-tokoh Disney,  kembang api dan masih banyak lagi. 
Waktu saya ke Disneyland Hong Kong,  saya belum pakai hijab jadi kena sensor. 

Kalau kesini,  pelajari dengan teliti peta lokasinya,  live shownya jam berapa saja, letaknya di mana saja biar kita bisa menikmati semua wahana tanpa takut ketinggalan live shownya. Sayangnya,  dilarang menggunakan kamera apapun saat show. Jadi tidak bisa mengabadikan atraksi-atraksi menarik.  Bagi yang nekad setelah diperingatkan,  siap2 aja disita kameranya. 

  • Ocean Park

Tempat wisata ini berada di Aberdeen Hong Kong,  hanya bisa di tempuh dengan bus dari Admiralty maupun dari Central. Tempat ini ada 2 area,  yang mana dari area satu ke area lainnya harus ditempuh dengan kereta gantung (cable car).  Bagi yang takut ketinggian,  bisa naik kereta express ya.

Disini kita bisa menikmati aneka wahana yang menguji adrenalin, aquarium raksasa dengan ribuan jenis ikan,  atraksi lumba-lumba,  Panda dan masih banyak lagi.
Kesalahan terbesar saya waktu ke sini,  naik roller coaster pertama kali.  
Roller coaster yang bikin saya sport jantung.  Foto milik teman. 
Ya sudah,  jantung rasanya mau copot,  lemes dan yang ada was-was melulu saat mau nyobain wahana lain. Karena saya sudah terlanjur trauma sama yang tinggi-tinggi,  akhirnya cuma jalan-jalan aja.  Dan yang paling bikin malas,  antrian di setiap wahana panjang sekali,  bisa nunggu 15-20 menit untuk dapat giliran.  Jadi harus sabar ya. 

  • The Peak

Tempat wisata ini merupakan puncak tertinggi di Hong Kong.  Kita bisa kesana dengan naik bus dari Central atau naik tram.  Saya sendiri pernah kesana naik bus dan jalan kaki mulai dari Kennedy Town. Sedangkan naik tram saya belum pernah karena tiketnya mahal.

Dari Peak Tower kita bisa menikmati keindahan Hong Kong.  Agar lebih puas, kita bisa naik ke anjungan atau disebut Sky Terrace 428. Naiknya bayar,  nanti kita akan dikasih teropong dari kertas yang bisa digunakan untuk melihat Hong Kong lebih dekat.  Ada teropong beneran juga yang bisa kita gunakan secara gratis,  tapi ya harus antri dulu.
Hong Kong di lihat dari The Peak
Baca: Pertamanya Ke The Peak Jalan Kaki

Selain melihat pemandangan,  kita juga bisa mengunjungi Madame Tussauds Hong Kong untuk berfoto dengan tokoh-tokoh terkenal di dunia dalam bentuk patung lilin. Sayang sekali saya belum pernah mengunjungi,  karena harga tiket masuk mahal.

  • Causeway Bay

Setelah puas jalan-jalan ke tempat wisata,  saatnya kita menikmati wisata kuliner di Causeway Bay. Causeway Bay,  terutama Victoria Park, merupakan tempat liburan favorit para TKW dari segala penjuru Hong Kong.  

Maka tak heran kalau di daerah ini banyak sekali warung maupun restoran dengan berbagai pilihan menu. Mulai dari makanan Indonesia, Thailand,  Jepang,  Korea,  Chinese, semua ada dan beberapa diantaranya sudah mempunyai label Halal.
Beberapa kuliner yang ada di Causeway Bay

Baca:  Wisata Kuliner Di Hong Kong

O iya kalau mau cari Hotel di Hong Kong, Causeway Bay bisa jadi pilihan. Akses kemana-mana juga mudah karena banyak pilihan transportasi. Selain MTR juga ada Teng-Teng (Tram),  bus,  taxi, dan  Siupa (mini bus) yang bisa mengantarkan kita ke tempat tujuan.

  • Mongkok

Traveling,  tidak bisa lepas dari yang namanya oleh-oleh.  Nah,  untuk mencari oleh-oleh murah,  Mongkok jadi solusinya.  Sebenarnya semua daerah ada tempat belanja murah,  hanya saja kalau belum ke Mong Kok rasanya belum afdol. Mong Kok ini,  berada di daerah Kowloon, jadi bisa mampir ke Kowloon Park sekalian sholat di masjid terbesar di Hong Kong.

Di Mongkok ada beberapa tempat belanja, mulai dari Ladies street yang berisi aneka perintilan kebutuhan perempuan sampai daerah Yau Ma Tei.  Untuk eksplore tempat-tempat tersebut kita cukup jalan kaki saja karena jaraknya saling berdekatan. Harga barang-barangnya bervariasi,  ada yang harga pas, ada yang bisa ditawar. 
Harga yang ditawarkan $40/pcs,  bisa kena $100/20 pcs. : )

Barang yang tidak ada daftar harganya biasanya bisa ditawar. Dan kita harus pandai-pandai menawar karena sebagian pedagang suka kasih harga yang tidak masuk akal.  Jadi,  jangan segan untuk menawar sampai titik darah penghabisan. :).

Baca: Berburu oleh-oleh di Hong Kong

Itulah,  5 tempat yang wajib di kunjungi saat ke Hong Kong jika memiliki waktu terbatas.  Kalau lebih lama,  bisa eksplore lebih banyak lagi ya.  Karena Hong Kong ada banyak sekali tempat wisata lain yang tak kalah menariknya.

Kelima tempat tersebut,  berada di daerah yang berbeda-beda,  ada di Lantau Island,  Hong Kong dan juga Kowloon.  Lalu dimana kita menginap?  Tenang saja, Hong Kong itu hanya selebar daun kelor,  jadi semua daerah bisa kita tempuh dalam waktu yang singkat.

Biar ga bingung urusan hotel,  bisa ceki-ceki di pegipegi.com aja. Mau cari hotel yang dekat MTR atau cari hotel murah di Hong Kong bisa langsung instal aplikasinya biar tidak ketinggalan promo-promo menariknya.

Ada banyak pilihan hotel yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan, salah satunya Garden View Hotel di Central yang merupakan jantung kota Hong Kong,  hanya 10 menit jalan kaki dari Kantor Pemerintahan dan Victoria Harbour.

Hotel bintang 4 ini berjarak 0,6km dari Hong Kong Zoo dan Botanical Garden serta 0,7 km dari Bank of China Tower. Jadi kalau bosen di kamar, bisa jalan-jalan melihat pemandangan gedung-gedung pencakar langit,  atau hanya sekedar melihat dari balik jendela kamar hotel.

Nah, destinasi wisata sudah,  hotel sudah,  tinggal rencanakan saja kapan mau jalan-jalan ke Hong Kong lalu pesan tiketnya dan berangkat. Paling asyik sih kalau lagi ada event-event tahunan,  seperti Imlek,  Hong Kong Flower show, Natal, dll.  Karena Hong Kong jadi lebih meriah dengan pernak pernik yang instagramable di setiap mall maupun tempat wisata.

Duh, mendadak saya jadi rindu sekali dengan Hong Kong.  Semoga impian saya jalan-jalan ke Hong Kong bisa terwujud.  Amin..... 

15 comments:

  1. Aamiin Mbak, semoga bisa ke Hongkong lagi ya Mbak. Travelling ke sana

    ReplyDelete
  2. Wah banyak banget nih ya Mbak tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika ke Hongkong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget, ga cukup seminggu kalau mau eksplore semua mbak :)

      Delete
  3. Saya jadi pingin travelling ke Hongkong juga nih Mbak hihi. Bagus banget tempatnya

    ReplyDelete
  4. Semoga keinginanmu jd traveller di hongkong terwujud ya, mbk Tarry aamiin. Btw pengen bgd aku disneyland hongkong mbk. Pgn ngajak bocil2. Seneng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin...
      Kalau buat bocil Disneyland cocok banget mbak

      Delete
  5. Ikut mengaminkan doanya, Mbak.

    ReplyDelete
  6. Cakep2 ya mba tempat wisatanya. Klo punya bocah, paling mbikin kepengen disneyland

    ReplyDelete
  7. aku juga puingiiin ngetrip ke HK mbaaa
    Puingiiin banget!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  8. aamiin semoga bisa balik lagi ke HK sebagai traveler...
    aku pun pengen mbak he.. he..

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...